Selasa, 20 Desember 2011

KTM versi 2011




Meskipun tahun 2010 baru berjalan 5 bulan pabrikan KTM sudah mulai menyiapkan motor offroad alias dirt bike versi 2011. Versi 2011 ini terlihat begitu banyak perubahan dibanding tahun 2010. Perbedaan secara fisik bisa dilihat di frame dan cover. Untuk yang 360 cc disebut-sebut juga akan mengusung tehnologi injeksi, nasib karburator sepertinya akan tamat di masa mendatang.

TIPS ADVENTURE YANG AMAN DAN NYAMAN



Kegiatan trail adventure atau offroad yang lagi booming idealnya akan memberikan kesenangan atau kenikmatan tersendiri bagi penggiatnya. Kegiatan offroad dengan motor trail bisa dikategorikan olah raga extrim karena rawan akan resiko kecelakaan, maklum medan offroad yang dilalui sering beragam handicap-nya.

Meskipun punya skill mengendari motor yang tinggi, tetap saja ada resiko yang bisa diterima bagi offroader, karena jalur offroad di alam beda dengan jalur di sirkuit yang sudah jelas arah dan tipenya. Medan offroad di alam, meskipun sudah sering dilalui tetap membutuhkan extra kehati-hatian karena jalur bisa berubah sewaktu-waktu oleh faktor alam misalnya hujan, longsor atau pohon tumbang.

Untuk itu diperlukan persiapan matang sebelum kita melakukan kegiatan offroad motor trail. Berikut ini adalah tips-tips offroad yang nyaman dan aman yang merupakan pengalaman kami melakukan kegiatan trail adventure selama lebih dari 10 tahun.

PERSIAPAN MOTOR:

Motor menjadi alat yang sangat vital dalam kegiatan offroad. Kelayakan motor akan membuat kita menjadi bersenang-senang menikmati olahraga di alam bebas atau sebaliknya kita justru menjadi sengsara di rimba belantara. Pastikan motor anda memang layak untuk dipakai melakukan kegiatan offroad, karena ini bukan hanya sekedar menyangkut soal kenyamanan tapi juga keamanan anda. Perhatian utama adalah pada sektor suspensi dan kemampuan mesin. Jika motor anda sudah layak untuk offroad, simak tips-tips berikut ini sebelum kita berangkat offroad;

a. Cek tekanan angin ban. Jika kondisi hujan, maka tekanan angin dikurangi, ukurannya tergantung ukuran ban dan motor anda, termasuk berat tubuh pengendaranya.

b. Cek oli mesin, kalau pada level yang dibawah standar maka perlu ditambah. Pakailah oli yang berkualitas, jangan oli asal-asalan.

c. Pastikan air radiator telah terisi sesuai dengan takaranya. Kekurangan air radiator akan membuat motor over heat.

d. Cek kekencangan mur dan baut, juga rantai. Lumasi rantai dengan minyak pelumas khusus rantai.

e. Jika anda akan offroad sampai sore atau malam hari, pastikan lampu motor anda menyala. Jika motor tidak ada lampunya, misalnya tipe MX/cross, maka bisa dibekali dengan lampu senter khusus yang bisa ditempel di motor. Salah satu produk terbaru yang bisa dipakai adalah lampu keluaran Eiger.

MEMILIH MOTOR TRAIL YANG PAS






Penggemar motor trail di Indonesia sekarang “dimanjakan” oleh produsen dengan banyaknya pilihan motor trail yang ditawarkan. Mulai dari produk “lokal” hingga motor build up yang harganya selangit. Dibandingkan tahun 90-an, tentunya kini jauh lebih mudah bagi konsumen untuk memilih motor trail idaman. Untuk saat ini motor trail apapun tersedia di pasaran, tergantung seberapa tebal isi dompet konsumen.

Uupps apa betul isi dompet menjadi pertimbangan utama dalam membeli motor trail? Bisa ya, bisa juga tidak. Karena membeli motor trail itu bukan sekedar pertimbangan isi dompet saja, namun pertimbangan apakah motor tersebut benar-benar “pas” dengan anda. Tulisan ini semoga bisa membantu anda yang ingin membeli motor trail. Yang jelas penulis bukanlah tim pemasaran produk tertentu, ini murni sebagai suara konsumen yang kebetulan telah mencicipi berbagai jenis motor trail mulai kelas lokal, mocin, motor rilisan Amrik hingga motor Eropa.

Setidaknya ada 5 pertimbangan dalam membeli motor trail:
1. Isi dompet alias budget yang tersedia
2. Peruntukan motor trail tersebut
3. Skill
4. Ketahanan dan kenyamanan motor (kualitas)
5. Perawatan dan spare parts motor

1. Isi dompet alias budget

Ketersediaan dana tentunya menjadi faktor pembatas dalam memilih motor trail yang akan dibeli. Bagi yang dompetnya tebal sih memang ada begitu banyak pilihan motor. Tapi bagi yang anggaran pas-pasan, tentunya ilihannya jadi lebih terbatas. Kalau anda belum terlalu “kebelet” (mendesak) untuk membeli motor trail idaman, maka anda bisa menunda membeli motor trail idaman tersebut sambil menabung sampai uangnya cukup untuk membeli motor itu, sehingga ketika anda membelinya anda akan puas karena sesuai dengan keinginan.

Daripada membeli motor “murah” namun kualitas apa adanya, maka bisa jadi anda akan kecewa ketika mencoba motor tersebut di medan offroad. Motor memang tampang trail, tetapi koq performanya tidak jauh beda dengan motor kebanyakan (baca: motor bukan trail). Apalagi ketika anda menjual motor trail yang mengecewakan anda tersebut pasti harganya akan terjun bebas.

Terlepas dari peruntukan motor trail yang akan anda pakai, untuk kantong anda yang budgetnya dibawah Rp 25 juta, maka pilihan motor trail yang tersedia di pasaran Indonesia antara lain KLX 150S, Suzuki TS 125 dan Hyosung/monstrac.

Kalau budget anda dibawah Rp 60 juta, maka pilihannya adalah KLX 250S, Honda CRF 150F, CRF 230F (second), KTM 200 (second), Yamaha WRF 250 (second), kawasaki KXF 250 (second), dll. Pilihan akan lebih banyak jika budget anda di atas Rp 60 juta, antara lain KTM 250 EXCF, CRF 250X, Husaberg, Husqvarna TE 250, KTM 200, CRF 230F, WRF 250 dan masih banyak lagi lainnya.

2. Peruntukan motor trail

Sebelum memutuskan untuk membeli, anda harus tahu motor trail tersebut akan lebih banyak digunakan untuk apa? Maksudnya apakah sekedar untuk touring yang artinya lebih banyak jalan aspal, adventure (aspal dan tanah), kompetisi atau offroad di medan extrim (tight offroad). Karena setiap motor oleh pabrikan telah dirancang untuk tujuan tertentu, meskipun juga ada motor yang multi purpose alias bisa digunakan di segala medan.

Kalau kebanyakan motor trail anda akan digunakan untuk touring atau light adventure yang tidak terlalu sering dipakai di medan offroad yang ekstrim, maka membeli motor dengan bobot yang “berat’ masih dimungkinkan. Bobot motor trail yang relatif berat itu misalnya KLX 250 dan Hyosung/monstrac 200. Motor yang berat bobotnya akan mengganggu manufer anda jika dipakai di medan offroad single track, tight wood, atau penuh tikungan tajam.

Kalau anda gemar offroad di medan single track atau offroad extrim, maka pilihan terbaik adalah motor dengan bobot yang ringan. Motor kategori ringan ini misalnya TS 125, KTM 200, CRF 150F, dll. Motor bobot berat juga bisa saja dipakai di medan offroad yang exrim, namun tenaga anda akan lebih banyak terkuras, aplagi kalau jatuh, hemmm pasti akan susah payah untuk mendirikan motornya!

Bagi anda yang suka speed offroad, akselerasi atau power motor yang dahsyat, maka bisa memilih motor-motor spek kompetisi atau murni enduro. Sayangnya untuk saat ini motor-motor kategori ini kebanyakan masih build up, sehingga harganya masih mencekik bagi kebanyakan konsumen. Motor kategori spek mumpuni ini antara lain KTM 200, KTM 250 EXCF, KTM 450 EXCF, husaberg FE 450, Husqvarna TE 250, CRF 250R/X, WRF 250, KXF 250, RMZ 250, YZF 250, dll. Motor tersebut dijamin dahsyat, tinggal apakah rider mampu mengendalikan motor tersebut (lihat penjelasan tentang skill di bagian bawah dari tulisan ini) atau tidak.

3. Skill

Membeli motor trail itu hendaknya bukan karena gengsi semata. Untuk apa membeli motor bagus yang harganya ratusan juta namun justru kita tidak bisa memakainya secara optimal karena skill mengendarai kita terbatas? Untuk pemula atau yang baru gandrung dengan trail, belilah motor yang tenaganya tidak terlalu menyentak, beli yang karakternya smooth saja. Selain skill mengenadrai, yang harus juga dipertimbangkan adalah berat dan tinggi badan. Di medan offroad postur badan pengendara ini menjadi sangat penting. Jika badan tidak terlalu tinggi, maka memakai motor jangkung (yang kebanyakan build up) itu akan menjadi siksaan tersendiri di medan offroad yang ketat/ekstrim.

Namun kabar gembiranya, jika tubuh anda pendek namun ngotot ingin beli motor spek offroad yang dahsyat macam KTM atau Husaberg, maka kini sudah ada produk yang bisa nurunin ketinggian motor. Jadi kakii bisa menapak tanah dengan baik yang akan membantu anda lolos dari rintangan di medan offroad.

Jika persoalan ketinggian badan sudah terpecahkan, pertanyaan berikutnya adalah bagaimana riding skill anda? Bagaimana kemampuan anda mengendarai motor trail di medan offroad? Kalau kemampuan anda masih pas-pasan saja, maka lebih baik jangan membeli motor trail spek kompetisi/enduro murni. Kecuali anda memakainya hanya untuk “gaya-gayaan” saja, tidak dipakai di medan offroad yang extrim.

Pendapat sebagian orang yang mengatakan bahwa motor trail dengan cc besar berarti semakin mantap di medan offroad, patut ditinjau ulang. Memang betul motor dengan cc besar seperti 450 cc itu pasti punya power yang lebih dahsyat dibanding yang 250 cc. Namun pertanyaannya adalah, sejauh mana anda mampu membawa motor tersebut? Dalam diskusi di forum KTM Talk, disebutkan bahwa di Amrik itu tidak banyak orang yang bisa membawa motor 450cc dengan optimal. Power motor sering berlebih, sementara skill pengendaranya masih “tidak berlebih” alias pas-pasan. Akibatnya yang terjadi bukan kita yang mengendari motor, namun motor yang mengendarai kita.

TIPS MEMILIH BAN TRAIL UNTUK ADVENTURE




Bagi penggila berat kegiatan offroad motor trail, fungsi ban sangatlah vital. Meskipun rider-nya handal dan motor super mantap, namun kalau tidak ditunjang dengan ban yang pas, tentunya juga akan menjadi siksaan tersendiri bagi pengendara. Apalagi kalau medan yang dilalui itu licin akibat diguyur hujan, maka yang terjadi adalah “gudubrak, gedubruk” alias sering mencium segarnya tanah!
Ban di motor trail itu ibarat sepatu bagi pendaki gunung. Sepatu yang pas akan membuat pendaki menjadi merasa nyaman, menghemat energi karena tidak sering selip atau terpeleset. Apalagi jika medan yang dilalui itu memang membutuhkan cengkeraman “sepatu” yang yahud. Jadi “sepatu” di motor trail itu sangat vital peranannya.
Di pasaran ada banyak beredar berbagai macam merek ban trail. Tipe yang ditawarkan oleh penjual juga beragam. Penggemar trail apalagi pemula, sering dibuat puyeng untuk menentukan pilihan ban mana yang cocok untuk dibeli. Yang bikin lebih puyeng lagi, memilih ban mana yang cocok dengan isi dompet, karena harga ban trail yang berkualitas itu rata-rata diatas Rp 500.000.

Tips Adventure Melibas Jalur Berbatu




Bagi kebanyakan orang jalur berbatu adalah jalur yang paling menyiksa, sehingga seringkali sebisa mungkin dihindari. Namun bagaimana jika jalur berbatu itu adalah satu-satunya jalur yang harus dilalui untuk mencapi lokasi tertentu? Tentunya mau tidak mau kita harus melewatinya. Simak tips dari Destry Abbot, pembalap EnduroCross dan peraih medali emas ISDE, serta pengalaman tim CHEELA berikut ini.
Ketika melalui jalur berbatu, posisi badan harus berdiri, jangan pernah duduk manis di jok motor. Dengan posisi berdiri, selain akan mengurangi guncangan yang berakibat energi lebih terkuras, juga akan membuat handling motor lebih enak. Posisi berdiri juga membuat kaki pengendara berfungsi seperti suspensi kedua. Memang awalnya akan capek jika mengendarai motor trail dengan posisi berdiri, namun dengan latihan dan bertambahnya jam terbang, maka hal ini akan menjadi mudah untuk dilakukan.
Kesalahan yang sering dilakukan pengendara adalah pandangan mata selalu ke bawah, melihat spatbor depan. Coba pandangan mata arahkan ke depan, ke arah jalur yang akan dilalui, kira-kira 5 sampai 10 meter kedepan, sehingga otak kita akan segera merespon dan memerintahkan tubuh kita untuk siap-siap melalui jalur berbatu itu.
Di jalur berbatu, apalagi batu-batu lepas, pastikan jari tangan siap sedia di tuas kopling. Ini jaga-jaga jika sewaktu-waktu ada masalah, misalnya tergelincir atau mau jatuh, anda akan

Etika Dalam Offroad Motor Trail


Etika sosial dan lingkungan yang justru perlu kita bagun, karena kalau sudah punya etika, maka semuanya akan menjadi lebih baik. Beberapa etika sosial dan lingkungan dalam offroad motor trail antara lain:
  • Ketika melalui jalan umum termasuk jalan di perkampungan, kendarailah motor dengan santun, tidak perlu kebut-kebutan atau ‘mbleyer-mbleyer’ knalpot. Jika ada anak kecil atau hewan ternak melintas, kasih kesempatan anak kecil atau binatang itu lewat terlebih dahulu, jangan main seruduk aja.
  • Ketika konvoi lewat jalan raya, jangan sampai mengganggu pengguna jalan lainnya. Ingat jalan umum adalah milik semua orang, hargai juga orang lain yang mau lewat.
  • Jika offroad di sekitar ladang atau lahan pertanian, jangan sekali-kali melindas tanaman petani. Jika itu terjadi karena ‘kecelakaan’, segera minta maaf ke petani dan kalau perlu mengganti biaya kerusakan tersebut.

YAMAHA FZ8


Sportbike YAMAHA FZ8, Mempesona

FZ8 andalan Sportbike YAMAHA di tahun 2011, dengan kapasitas mesin 779 cc, 4-stroke, DOHC, forward-inclined parallel 4-cylinder, berpendingin cair.
Mesin naked bike ber-frame alumunium ini memuntahkan tenaga 106 ps dan torsi 82 Nm.






SPESIFIKASI :
Engine
Type 779cc liquid-cooled inline 4-cylinder; DOHC, 16 valves
Bore x Stroke 68.0 x 53.6mm
Compression Ratio 12.0:1
Fuel Delivery Fuel Injection
Ignition Digital TCI: Transistor Controlled Ignition with 32-bit ECU
Transmission 6-speed w/multiplate clutch
Final Drive O-ring chain

Kawasaki Z1000SX (2011)


Kawasaki Z1000SX (2011)



Year: from 2011
Engine capacity: 1043cc
Power: 135bhp
Torque: 81.1lb ft
Weight: 228kg
Seat height: 822mm
Fuel capacity: 19L

Bike spec

DRIVETRAIN
Transmission 6-speed, return
Final Drive Sealed chain
Final reduction ratio 2.733 (41/15)
Clutch Wet multi-disc, manual


FRAME
Frame type Aluminium twin-tube
Wheel travel, front 120 mm
Wheel travel, rear 138 mm
Tyre, front 120/70ZR17M/C (58W)
Tyre, rear 190/50ZR17M/C (73W)
Rake/Trail 24.5°/ 102 mm
Steering angle, left / right 31° / 31°

SUSPENSION
Suspension, front 41 mm inverted fork with stepless compression and rebound damping and spring preload adjustability
Suspension, rear Horizontal Back-link, gas-charged, with stepless rebound damping and cam-style spring preload adjustability

BRAKES
Brakes, front Dual semi-floating 300 mm petal discs
Dual radial-mount, opposed 4-piston
Brakes, rear Single 250 mm petal disc
Single-piston

DIMENSIONS
Dimensions (L x W x H) 2.105 x 790 x 1.170/1.230 mm
Wheelbase 1,445 mm
Ground Clearance 135 mm
Seat height 822 mm
Curb Mass 228 kg / 231 kg (ABS)
Fuel capacity 19 litres
PERFORMANCE

Maximum power 101.5kW {138 PS} / 9,600 rpm
Maximum torque 110 N?m {11.2 kgf•m} / 7,800 rpm

ENGINE SPEC

2011 Kawasaki Z1000SX specs
Engine type Liquid-cooled, 4-stroke In-Line Four
Displacement 1,043 cm3
Bore x stroke 77.0 x 56.0 mm
Compression ratio 11.8:1
Valve/Induction system DOHC, 16 valves
Fuel system Fuel injection:φ38 mm x 4 (Keihin) with oval sub-throttles
Ignition Digital
Starting Electric
Lubrication Forced lubrication, wet sump

Honda CBR600F



Honda Europe meluncurkan Honda CBR600F, motor yang mulai diperkenalkan sejak 1987 di ajang balap Supersports 600cc.
Kini setelah melalui serangkain riset dari Jepang CBR600F ABS telah selesai dirilis, dengan perakitan di Italia.
Tak hanya sangat mudah dikendarai namun juga nyaman, tampilan modis dan kecepatan sangat terjaga.

 

 

Specifications

Top speed mph
1/4-mile acceleration secs
Power 100.6bhp
Torque 47.2ftlb
Weight 194kg
Seat height 800mm
Fuel capacity 19 litres
Average fuel consumption mpg
Tank range miles
Insurance group 14
Engine size 599cc
Engine specification Liquid-cooled, DOHC, 16v four-stroke in-line four. Six gears

motor adventure “Moto Guzzi Stelvio 2012″


MV Agusta baru saja mengeluarkan motor seri terbaru bergenre motor adventure “Moto Guzzi Stelvio 2012″
Moto Guzzi Stelvio 2012 mengaplikasikan ‘gearbox’ enam kecepatan, dengan powerplant Quattrovalvole yang mampu memberikan torsi maksimum dari 83 ft / lbs pada putaran mesin 5800 rpm, sehingga tak perlu membuka gas dalam-dalam untuk mendapatkan torsi maksimun.
Untuk perangkat pengereman mengadopsi teknologi ABS yang piawai untuk mengurangi akselerasi di medan aspal maupun tanah.
Sasis menggunakan sistem ‘twin-spar steel-tube frame’ yang didesain untuk melewati medan yang berat. Selain itu dibekali dengan suspensi yang bisa diatur dengan beragam variasi serta ‘riding style’. Motor dengan kompresi ratio 11:1 serta bobot keseluruhan 553 pound ini dibanderol sebesar 15.990 dolar AS. (ultimatemotorcycling)



Motor Adventure Yamaha Abad 21


Motor Adventure Yamaha Abad 21

mobiljip.com-Produsen motor terbesar di dunia, Yamaha, kembali membuat kejutan dengan memamerkan motor penjelajah yang disebut-sebut sebagai Sport Utility Vehicle (SUV) di ajang pameran Tokyo Motor Show.

Yamaha XTW250 Ryoku digadang-gadang sebagai motor adventure abad 21. Mengambil basis dari model XT250 Serow serta 'bodywork' yang terinspirasi oleh JCB.
Motor ini dilengkapi dengan roda offroad berukuran besar dan tanki yang ramping. Sebagai penunjang utilitasnya, Yamaha sengaja melengkapi motor ini dengan sebuah rak barang, yang diletakan di bagian samping belakang.
Selain dapat menyimpan barang, rak itu juga bisa berfungsi sebagai roll bar yang melindungi motor dari benturan saat terjatuh.
Yamaha menyematkan dua head lamp berukuran sedang di bagian depan motor. Tidak hanya itu, ada juga lampu kabut LED di bagian samping depan motor. Yamaha XTW250 mengusung mesin 249 cc, 4 tak SOHC satu silinder 2-katup. Teknologinya sudah injeksi dan memiliki gearbox dengan 5 percepatan.

Senin, 19 Desember 2011

Adventure (Seasion 2)


 sory bro duluan yah...!!hehe
 Peace.....!!!!
 menikmati pemandangan.........
 Siap-siap start.......